UNDERLAYER

Semua pemasangan atap shingle bitumen harus ada LAPISAN PELINDUNG antara lapisan dasar atap (multiplek /GRC) dengan bahan genteng shingle bitumen. Di situlah Underlayer atap berfungsi.
Underlayer adalah bahan penghalang kedap air atau tahan air yang dipasang langsung diatas lapisan dasar (multiplek/GRC) atap. Underlayer diterapkan di bawah semua bahan genteng shingle bitumen sebagai lapisan tambahan perlindungan dari cuaca buruk.
Pemakaian Underlayer yang tepat akan menjaga ATAP anda dari kelembapan udara dingin dimalam hari dan udara panas pada siang hari yang tertahan sehingga membuat umur atap Anda lebih panjang.
Saat ini, ada banyak pilihan Underlayer seperti Underlayer dari bahan Non Woven, Underlayer yang terbuat dari bahan membran aspal, dan Underlayer berbahan membran bakar.  Semua jenis Underlayer ini dipakai tergantung dari tingkat kemiringan atap.  

Ada Tiga jenis Underlayer :

1.     Underlayer Non Woven (kemiringan atap minimal 25 derajat s/d 60 derajat)


Underlayer ini terbuat dari bahan Non woven dipasang dengan cara di paku, bertujuan untuk memberikan lapisan tahan kelembaban tambahan untuk mendukung atap Shingle Bitumen Anda.
Selama bertahun-tahun, "Underlayer Non Woven" berfungsi sebagai lapisan bawah atap Shingles Bitumen yang paling banyak dipakai.
Seiring terjadinya perbaikan terus-menerus dalam industri bahan bangunan, Underlayer Non Woven muncul sebagai bahan dasar lapisan bawah shingle bitumen yang sering digunakan saat ini.
Dalam sistem atap modern, ATAPOMAH  memasang lapisan Underlayer untuk memaksimalkan perlindungan maksimal Atap Anda.
Anda dapat dengan tenang mengetahui bahwa ada lapisan tambahan yang bekerja di bawah genteng Shingle Bitumen tersebut untuk memberikan Anda sistem atap yang canggih.



2.     Underlayer membran Full Lem tebal 1 mm (18 derajat s/d 90 derajat)

Underlayer yang terbuat dari membran Aspal setebal 1 mm dipasang dengan cara dipaku harganya lebih mahal daripada lapisan atap lainnya. Mengapa? Karena membran aspal ini mengandung persentase aspal dan polimer karet lebih tinggi yang membuatnya tahan air.
Underlayer membran aspal ini memiliki bagian belakang yang lengket (full lem adhesif) dengan lapisan stiker pelindung yang dilepas sebelum pemasangan. Dukungan khusus ini menciptakan lapisan kedap air antara lapisan bawah genteng shingle bitumen dan lapisan dasar atap (multiplek/ GRC).
Meskipun lebih mahal daripada underlayer non woven, underlayer membran aspal ini sangat baik diaplikasikan pada bidang atap yang agak datar (kemiringan minimal 18 derajat).
Keunggulan dari Underlayer membran ini adalah Permukaan Underlayer ini berpasir dan kasar, sehingga dapat menahan merosotnya genteng akibat beban berat genteng itu sendiri ketika dipasang dengan kemiringan tegak lurus (90 derajat).
Underlayer membran menawarkan ketahanan air yang sangat baik sedemikian rupa sehingga lapisan bawah Underlayer mambran kelas atas ini dapat berfungsi sebagai penutup atap.



3.     Underlayer Membran bakar (kemirinngan atap 1 derajat s/d 17 derajat)

Pemasangan genteng shingle bitumen dipermukaan atap yang sangat datar, tidak bisa menggunakan Underlayer dengan cara dipaku. Karena apabila terjadi hujan, angin balik yang menahan dari sisi berlawanan turunnya air hujan diatas atap, akan mengakibatkan air hujan tertahan lama diatas atap, sehingga air hujan mencari celah untuk jatuh kebawah. Bisa juga air masuk melalui celah genteng bitumen dan turun melalui celah celah lubang paku.
Oleh sebab itu pemasangan genteng shingle bitumen di permukaan atap yang datar tidak di anjurkan dengan cara dipaku.
Pemasangan genteng bitumen dipermukaan atap yang datar, caranya ditempelkan diatas membran bakar dengan  ditorching atau dibakar.
Untuk kemiringan atap yang sangat datar diperlukan membran aspal tebal 3mm.
Caranya membran dibakar dibagian bawah merata. Ini untuk membuat membran melekat erat dengan lapisan dasar (multiplek / GRC). Kemudian setelah membran melekat erat pada lapisan dasar, membran dibakar bagian atasnya untuk melekatkan genteng shingle secara sempurna.

Team ATAPOMAH ahli dalam pemasangan genteng Shingle Bitumen dengan cara dibakar.






Subscribe to receive free email updates: